Senin, 07 Oktober 2013

“Mari Bersatu Hati Merawat Bumi”





6 Oktober 2013, tema peringatan 150 tahun karya ursulin untuk acara ini adalah “Mari Bersatu Hati Merawat Bumi”. Dari berbagai unit Santa Maria Surabaya, Santa Maria Sidoarjo dan Santo Yusup Pacet membuktikan kepeduliannya sebagai penduduk Surabaya yang mencintai lingkungan dan juga merawatnya dengan cara menanam bakau di Ekowisata Mangrove Wonorejo. 

Setelah menanam pohon, peserta mendapat materi mengenai Mangrove dari ekowisata Wonorejo. ''Vegetasi Mangrove memiliki fungsi ekologis yang sangat penting bagi kota Surabaya. Mulai dari mencegah intrusi air laut dan abrasi, menyerap polutan sehingga bisa menjadi filter bagi air sungai yang dibutuhkan oleh petani tambak," kata Pengelola Ekowisata Mangrove,Wandi.

Nantinya, lanjut Wandi, vegetasi mangrove tersebut dapat dijadikan sebagai tempat dari bertelur, asuhan, hingga habitat bagi ikan, udang dan kepiting bakau. "Sehingga akan memberi nilai tambah bagi petani tambak di kawasan tersebut,'' imbuhnya.
''Hutan ini sangat alami dan indah. Saya bangga bisa ikut serta tanam pohon mangrove yang nantinya bisa dibuat rumah ikan-ikan", ujar Demaris dari SMP Santo Yusup Pacet. (aeR)